Cara Membersihkan Vagina Wanita Setelah Berhubungan Yang Baik Dan Benar

Banyak wanita yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara membersihkan vagina yang baik dan benar . Hal ini dikarenakan vagina merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting bagi para wanita . Vagina merupakan organ vital yang paling penting untuk di jaga kebersihannya . Maka , tak heran rasanya jika para wanita ingin memberikan perawatan yang terbaik untuk vagina mereka . Vagina yang sehat dan terawat akan memberikan indikasi Anda orang yang bersih dan rajin dalam merawat bagian tubuh terpenting ini .

Cara Membersihkan Vagina

Kenapa Membersihkan Vagina Itu Penting ?

Merawat dan membersihkan vagina penting karena vagina merupakan organ vital yang sangat penting untuk para wanita . Vagina yang sehat dapat terindikasi dengan memiliki sifat alami , yaitu asam dan mengandung banyak bakteri baik . Bakteri-bakteri baik di dalam vagina ini berfungsi sebagai penangkis infeksi dan untuk mempertahankan tingkat keasaman dari vagina agar tetap normal . Vagina yang sehat juga dapat diperhatikan dari parameter lainnya , seperti mengeluarkan cairan yang dapat menjaganya menjadi tetap bersih . Cairan ini berbentuk seperti lendir dan hampir sama fungsinya seperti air liur yang memiliki fungsi membersihkan mulut .

Masalah apapun yang terjadi pada bagian vagina bisa saja menyebabkan infeksi dan juga iritasi jika Anda tidak menjaga dan merawatnya dengan baik . Oleh sebab itu , pembersihan dan perawatan pada vagina harus dilakukan dengan tepat agar vagina Anda tetap terjaga kebersihannya . Tentunya , Anda sebagai wanita tidak ingin bila terjadi suatu penyakit yang timbul di bagian organ intim Anda . Hal ini dikarenakan apabila vagina tidak terjaga kebersihannya , maka dapat memicu penyakit-penyakit yang bisa saja membahayakan untuk kesehatan Anda dan vagina Anda . Dengan memiliki vagina yang bersih dan terawat juga merupakan salah satu tips rumah tangga harmonis .

Bagaimana Vagina Yang Sehat ?

Vagina yang sehat merupakan vagina yang mengandung sifat alami seperti asam dan kaya akan bakteri baik ( lactobacilli ) yang dapat membantu untuk mencegah infeksi dan dapat juga untuk mempertahankan pH . Vagina yang sehat akan mengeluarkan sejumlah kecil cairan seperti lendir yang berfungsi untuk menjaganya agar tetap bersih . Membersihkan vagina tidak boleh sembarangan , baik itu hanya cuci bilas atau menggunakan produk-produk lainnya seperti sabun pembersih vagina . Ada aturan yang harus di pahami agar vagina tidak hanya bersih , namun tetap sehat . Hal ini dilakukan untuk mencegah iritasi dan infeksi . Cara membersihkan kerak pada miss v pun tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan dengan higienis dan lembut untuk tetap menjaga kesehatan vagina .

Berikut Adalah Cara Membersihkan Vagina Yang Baik Dan Benar

  • Bersihkan Hanya Pada Bagian Vulva

Bagian vagina sesungguhnya hanya perlu di bersihkan pada bagian vulva saja . Bagian vulva ini termasuk labira mayora dan minora atau bibir vagina luar dan dalam . Sehingga , bagian dalam vagina tidak perlu di otak-atik karena mempunyai kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri dan agar tidak merusak bakteri baik dalam vagina . Hal ini juga ampuh sebagai cara membersihkan kemaluan setelah berhubungan dikarenakan setelah berhubungan akan tersisa cairan-cairan yang bisa saja menempel pada bagian vulva vagina .

  • Gunakan Pembersih Wanita Yang Mengandung Povidine Lodine

Vagina memiliki pH atau derajat keasaman dengan kisaran 3,5 – 4,5 . Vagina harus di jaga dengan baik agar flora atau bakteri baik di dalamnya tetap hidup dan bakteri jahat tidak ingin hidup di sana . Jangan gunakan cairan pembersih vagina yang mengandung parfum dan pH antara 7 – 8 karena dapat merusak pH normal vagina . Hal ini akan berdampak pada timbulnya gatal , bau tak sedap , bahkan iritasi . Pembersih tanpa pewangi akan cocok digunakan karena tidak mengandung zat yang menyebabkan iritasi . Pembersih yang mengandung Povidine lodine mampu untuk mengembalikan kadar normal bakteri baik di vagina sehingga kadar pH vagina tetap normal . Namun , sebenarnya melakukan pembersihan hanya dengan air dan sabun mandi anti bakteri saja sudah cukup .

  • Perhatikan Frekuensi Pembersihan

Jika frekuensi pembersihan pada vagina Anda kurang dan kemungkinan masih ada keringat dan sekresi atau pembuangan ( misalnya : air kencing ) yang tersisa . Apabila pembersihan pada vagina dilakukan terlalu sering , maka dapat mengganggu keseimbangan dari pH atau derajat keasaman vagina . Cara membersihkan alat vital wanita dengan tangan adalah cara terbaik untuk menjaga vagina Anda tetap bersih dengan syarat tangan Anda sudah bersih dengan mencucinya menggunakan sabun anti bakteri . Membersihkan vagina dengan tangan lebih baik jika di bandingkan dengan menggunakan alat penggosok tubuh dikarenakan berisiko menularkan penyakit menular seksual dengan luka apabila menggosok vagina terlalu keras . Gosok vagina dengan lembut dan bersihkan bagian vulva serta lipatan bibir vagina satu atau dua kali sehari .

Updated: April 1, 2019 — 10:50 pm